Sabtu, 11 Mei 2013

Setting Email Client Thunderbird dengan Microsoft Exchange 2010 di Linux

Sekedar sharing pengalaman pribadi tentang bagaimana setting email client Thunderbird untuk koneksi ke Microsoft Exchange Server 2007/2010 di Ubuntu, Linux Mint ataupun distro linux lainnya, karena rata-rata distro linux selalu menyertakan Thunderbird sebagai aplikasi email client bawaannya. Pengalaman ini terjadi semenjan kantor tempat saya bekerja mengupgrade Microsoft Exchange Server-nya dari Microsoft Exchange 2003 menjadi Microsoft Exchange 2010. Sebenarnya tidak ada kendala koneksi & setting email client jika Anda menggunakan sistem operasi Windows karena memang sudah kompatible. Namun masalah terjadi jika Anda menggunakan Linux yang memang sepertinya belum disupport secara native, sehingga membutuhkan add-on atau aplikasi pendukung lain agar bisa terkoneksi dengan baik.

Ada dua cara untuk setting email client Thunderbird menggunakan exchange. Cara pertama adalah menggunakan add-on Exquilla dan Lightning yang ada di Thunderbird atau cara kedua menginstall aplikasi DavMail yang berfungsi sebagai server lokal penghubung antara exchange server dan email client Anda.
Namun untuk saat ini akan kita bahas cara pertama, karena lebih mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan kecuali instalasi Thunderbird itu sendiri (jika thunderbird tidak ada/tidak disertakan dalam distro linux yang kita gunakan, namun jika sudah ada, maka langkah ini tidak perlukan) dan tambahan add-on exquilla & lightning untuk akses ke Web Calendar. Sebagai catatan bahwa add-on exquilla ini berjalan baik pada Mozilla Thunderbird versi 15 – 17 baik di platform Windows, Linux maupun OSX.
Jika thunderbird sudah ada, langkah awal adalah membuka aplikasi ini, kemudian klik tombol Add-ons. Atau jika baru dijalankan pertama kali dan muncul kotak dialog otomatis untuk setting email maka silakan di-cancel saja. Jika tombol add-ons tidak ada, bisa Anda tekan tombol Alt+T dan akan muncul menu tool dan pilihan Add-ons. Setelah tombol Add-ons kita klik, selanjutnya akan muncul tab baru untuk pencarian add-on. Tinggal ketikkan pada kotak pencarian kata “exquilla” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter maka muncullah add-on ini dan tinggal klik tombol Install. Selanjutnya Thunderbird akan mendowload dan otomatis menginstall add-on tersebut. Kemudian lakukan restart thunderbird dengan menutupnya dan membukanya kembali. Finish langkah instalasi add-on exquilla selesai.








Langkah selanjutnya adalah setting exquilla agar terkoneksi dengan exchange server. Sebenarnya penjelasan tentang langkah setting ini bisa dilihat selengkapnya di situs exquilla. Namun agar lebih jelas, akan kita ulas ulang disini.

Langkah pertama setelah penginstallan add-ons exquilla adalah menambahkan/setting akun Microsoft Exchange kita, yaitu dengan melakukan klik pada Tools -> ExQuilla for icrosoft Exchange -> Add Microsoft Exchange Account. Seperti pada gambar dibawah.


Masukkan nama anda dan alamat email anda untuk akun anda di Microsoft Exchange, seperti gambar dibawah.


Selanjutnya tekan tombol "do autodiscover" untuk menemukan alamat/ Microsoft Exchange URL, dan jika gagal, anda perlu mengetikkan secara manual alamat URL Microsoft Exchange anda seperti contoh dibawah ini.


Selanjutnya tekan "Next". Perlu diperhatikan penulisan alamat URL yang benar sebagai contoh jikan alamat exchange server anda "https://alamatperusahaananda.com/owa", maka ganti "owa" dengan "ews/exchange.asmx", sehingga alamat URL Microsoft Exchange anda menjadi "https://alamatperusahaananda.com/ews/exchange.asmx"



Setelah alamat URL exchange server anda benar, selanjutnya tekan tombol "Finish". Dan selesailah proses setting Thunderbird untuk konek ke exchange server. Sebagai catatan, exquilla hanya dapat digunakan pada Exchange server versi 2007 atau diatasnya (versi 2010), namun jika masih menggunakan exchange versi 2003 maka exquilla tidak bisa digunakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar